SKRIPSI

Penulis / NIM
HIRSAN MOOGANGGA / 151412360
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
HIRSAN MOOGANGGA, 2013, “Meningkatkan hasil belajar siswa materi sifat cahaya melalui pendekatan kontekstual berbasis diskusi kelompok Kelas V SDN 3 Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman Laliyo, M.Pd., MM dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd., M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan kontekstual berbasis diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat cahaya Kelas V SDN 3 Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi sifat cahaya melalui pendekatan kontekstual berbasis diskusi kelompok Kelas V SDN 3 Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Hipotesis tindakan untuk penelitian ini adalah jika menggunakan pendekatan kontekstual berbasis diskusi kelompok maka hasil belajar siswa pada materi sifat cahaya di kelas V SDN 3 Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan akan meningkat. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 31 siswa Kelas V SDN 3 Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis presentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan dua siklus ini indikator kinerja yang telah dirumuskan yakni minimal 75% dari seluruh siswa memperoleh nilai 7,00 tercapai dengan baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria minimum pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan sekolah yakni 7,00 sebanyak 19 siswa dengan presentase 61,3%. Sedangkan pada siklus II, Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria minimum sebanyak 28 siswa dengan presentase 90,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis diskusi kelompok pada materi sifat cahaya di Kelas V SDN 3 Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan meningkat. Kata Kunci : Hasil Belajar, Sifat Cahaya, Pendekatan Kontekstual Berbasis Diskusi Kelompok .
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011