Penulis / NIM
NURMALA ABJUL / 151412362
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Nurmala Abjul. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaa Melalui
Metode Picture And Picture Kelas 2 Mi Al-Hidayah Kabupaten Gorontalo Utara.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj.Salma Halidu S.Pd M.Pd
dan Pembimbing II Dr. Yusuf Jafar M.Pd
Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah Apakah apakah kemampuan
menulis permulaan dapa ditingkatkan melalui melalui metode picture and picture
kemampuan Menulis permulaan kelas 2 MI AL-HIDAYAH Kabupaten Gorontalo
Utara dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan
Kemampuan Menulis Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui
Metode Picture And Picture Kelas 2 MI AL-HIDAYAH Kabupaten Gorontalo
Utara. Metode yang digunakan adalah penelitian dengan 2 siklus jumlah observasi
awal siklus 1 dan 2.
Metode yang di pada observasi awal adalah metode ceremah Hal tersebut
ditunjukkan dengan nilai hasil tes kemampuan menulis permulaan siswa pada
kondisi awal adalah 28.58% setelah diberikan tindakan perbaikan pada siklus I,
meningkat menjadi 64.28%. Sedangkan pada siklus II nilai yang dicapai siswa
meningkat sebesar 92.85%.Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang
dilakukan sebanyak dua siklus dapat disimpulkan bahwa; Melalui penerapan
metode picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan
pada siswa kelas II AL-HIDAYAH Kabupaten Gorontalo Utara tahun pelajaran
2013/2014. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai hasil tes kemampuan menulis
permulaan siswa pada kondisi awal adalah 28.58% setelah diberikan tindakan
perbaikan pada siklus I, meningkat menjadi 64.28%. Sedangkan pada siklus II
nilai yang dicapai siswa meningkat sebesar 92.85%.
Kata kunci : Kemampuan Menulis Permulaan. Picture And Picture Kelas
Download berkas