Penulis / NIM
NIZAM MAKU / 151412363
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Nizam Maku. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Gaya Magnet Melalui
Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas V SDN 13 Tilamuta Kabupaten Boalemo.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman AR. Laliyo, M.Pd dan Pembimbing II Meylan
Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam pembelajaran ini adalah Apakah Metode Demonstrasi dapat
meningkatkan hasil belajar siswa tentang Gaya Magnet di kelas V SDN 13 Tilamuta. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang Gaya Magnet
melalui Metode Demonstrasi di kelas V SDN 13Tilamuta.Teknik penelitian yang digunakan
pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode ini dimaksudkan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa tentang Gaya Magnet yang dilaksanakan dalam 2 siklus.
Hasil penelitian menunjukan kualitas proses hasil belajar mengalami peningkatan. Hal ini
terlihat pada pembelajaran siklus I diperoleh data dari 25 orang siswa. Siswa yang belum
tuntas ada 13 orang siswa atau 52% yang tuntas ada 12 orang siswa atau 48% dengan nilai
rata-rata mencapai 70,99. Sedangkan pada siklus II meningkat dimana siswa yang belum
tuntas ada 3 orang siswa atau 12% dan yang sudah tuntas menjadi 22 orang siswa atau 88%
dengan nilai rata-rata 78,99. Berdasarkan hipotesis pada penelitian ini jika dalam
pembelajaran materi magnet guru menggunakan metode demontrasi di kelas V SDN 13
Tilamuta Kabupaten Boalemo hasil belajar siswa meningkat atau dapat dikatakan bahwa
hipotesis penelitian ini di terima. Dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini
menunjukan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi
gaya magnet.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Gaya Magnet, Metode Demonstrasi
Download berkas