Penulis / NIM
NINGSI YUSUF / 151412365
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK
Ningsi Yusuf. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menceritakan Isi Gambar
Melalui Metode Card Sort di Kelas I SDN 08 Mananggu Kabupaten Boalemo. Oleh
Bimbingan Dra. Dajani Suleman, M.Hum selaku pembimbing I dan
Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Melalui Metode Card Sort
Kemampuan Siswa menceritakan Isi Gambar di Kelas I SDN 08 Mananggu
Kabupaten Boalemo dapat ditingkatkan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk meningkatkan Kemampuan Siswa Menceritakan Isi Gambar Melalui Metode
Card Sort di Kelas I SDN 08 Mananggu Kabupaten Boalemo. Metode yang dipakai
dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang
terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap
Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan tindakan siklus I terdapat 16 orang siswa
melebihi indikator kinerja yang telah ditetapkan atau yang sudah mampu
menceritakan isi gambar sebesar 16 orang 72.73% . Sedangkan 6 orang siswa atau
27.27% yang belum mampu membaca isi gambar dan pada pelaksanaan tindakan
siklus II 19 orang siswa melebihi indikator kinerja yang telah ditetapkan atau yang
sudah mampu belajar sebesar 86.36%, ternyata Dengan menggunakan card sort dapat
meningkatkan kemampuan siswa menceritakan isi gambar di kelas I SDN 08
Mananggu Kabupaten Boalemo.
Berdasarkan kemampuan belajar siswa pada kegiatan siklus I dan II, dapat
disimpulkan bahwa penggunaan metode card sort dapat meningkatkan kemampuan
menceritakan isi gambar pada siswa Kelas I SDN 08 Mananggu Kabupaten Boalemo.
Hal ini terlihat pada siklus I, bahwa kemampuan siswa hanya 16 orang. Setelah
diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus II, kemampuan siswa
meningkat menjadi 21 orang. Dengan perbandingan siklus I ke siklus II mencapai
80% peningkatan kemampuan belajar siswa.
Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Metode Card Sort
Download berkas