Penulis / NIM
YULIANA AHMAD / 151412366
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK
Yuliana Ahmad, NIM 151412366. Jalur Skripsi. Dengan Judul Penelitian adalah" Pembelajaran Terstruktur Melalui Metode Diskusi Dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Tolinggula Tengah Kabupaten Gorontalo Utara. Dibawah Bimbingan Ibu Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si selaku pembimbing I danBapak Dr. Muchtar Ahmad,S.Pd.,M.Si selaku pembimbing II dalam penelitian ini. Dengan rumusan masalah penelitian ini adalah "apakah Pembelajaran Terstruktur Melalui Metode Diskusi dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Meteri Kenampakan Alam dan KeadaanSosial Negara di Asia Tenggara di Kelas VI SDN 1 Tolinggula Tengah Kabupaten Gorontalo Utara.? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pembelajaran terstruktur melalui Metode Diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada meteri kenampakan alam dan keadaan social negara di asia tenggara di Kelas VI SDN 1 Tolinggula Tengah KabupatenGorontalo Utara.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa hasil analisis data pada penelitian tindakan yang menggunakan pembelajaran terstruktur pembelajaran melalui metode diskusi menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa secara individu mengalami peningkatan khususnya pada materi kenampakan alam dan keadaan social negara di asia tenggara pada pelajaran ilmu pendidikan social siswa kelas VI SDN 1Tolinggula Tengah Kabupaten Gorontalo Utara.
Hasil pengujian tindakan melalui siklus I, menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai tuntas sebanyak 15 orang siswa atau 63% dan siswa yang memperoleh nilai belum tuntas sebanyak 9 orang siswa atau 37% dalam peningkatan prestasi belajarnya yang dinilai melalui pelaksanaan siklus I, memiliki dampak yang baikd alam meningkatkan prestasi belajarnya dengan menggunakan pembelajaran terstruktur melalui Metode Diskusi. Namun setelah dilakukan pengujian tindakan melalui siklus II prestasi belajar menunjukkan bahwa 21 orang siswa atau 88% memperoleh nilai tunta sdan 3 orang siswa atau 12 % yang belum tuntas prestasi belajarnya.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran terstruktur pembelajaran melalui metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa baik secara individual maupun kelompok terutama pada materi kenampakan alam dan keadaan social negara di asia tenggara (IPS) di kelas VI SDN 1 Tolinggula Tengah, artinya hipotesis dapat diterima.
Kata Kunci ; Pembelajaran Terstruktur, Metode Diskusi dan Prestasi Belajar
Download berkas