Penulis / NIM
TISNI LAKORO / 151412367
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
TISNI LAKORO. NIM; 151 412 367 Judul Penelitian "Penerapan Metode Bermain Peran Dapat Meningkatkan Kreativitas Belajar IPS Siswa Kelas V Pada Materi Tentang Persiapan Kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara Kelas V di MI Alkhairat Mananggu Kabupaten Boalemo". Skripsi.
Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa Kelas V di MI Alkhairat Mananggu Kabupaten Boalemo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran IPS melalui metode bermain peran Kelas V MI Alkhairat Mananggu Kabupaten Boalemo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi, analisis dan refleksi.
Hasil perolehan nilai pada Siklus I setelah dilakukan persiapan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran maka dapat diperoleh hasil pembelajaran yang kreatif tentang Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara siswa kelas V MI Alkahirat Mananggu. Hasilnya di peroleh nilai tiap aspek dengan nilai rata-rata kelas V MI Al-Khairat Mananggu dalam kreativitas belajar tentang Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara dengan menggunakan metode bermain peran yaitu untuk kriteria KKM Tuntas berjumlah 7 0rang (64%) sedangkan kategori tidak tuntas kreativitas belajarnya berjumlah 4 orang (36%).
Sementara pada siklus II setelah diadakan perbaikan dan dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran maka dapat diperoleh hasil belajar yang kreatif siswa kelas V MI Al-Khairat Mananggu. Dan pada siklus II hasil perolehan nilai tiap aspek dapat diperoleh nilai rata-rata kelas V MI Al-Khairat Mananggu dalam kreativitas belajar siswa pada materi Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara dengan menggunakan metode bermain peranyaitu untuk kriteria tuntas kreativitas belajarnya berjumlah 11 orang (100%).
Berdasarkan kesimpulan bahwa, pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran ini diterapkan maka kreativitas belajar siswa di kelasVMI Alkhairat Mananggu akan meningkat, dapat diterima atau dengan kata lain baik hipotesis tindakan maupun indikator kinerja dapat diterima dengan bukti-bukti yang ada.
Kata Kunci ;Kreativitas, Belajar dan Metode Bermain Peran
Download berkas