Penulis / NIM
DIANA MOODUTO / 151412375
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Diana Mooduto. 2014. Meningkatkan Pemahaman Tentang Materi Sumber Energi
melalui pendekatan kontekstual di Kelas II SDN 06 Mananggu. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd dan Pembimbing II Meylan
Saleh, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Pemahaman Tentang Materi Sumber
Energi melalui pendekatan kontekstual di Kelas II SDN 06 Mananggu. Metode yang
dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk
siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan,
Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan Bahwa setiap kali tindakan
dilakukan selalu mengalami peningkatan yang signifikan terbukti pada siklus II
indikator kinerja yang ditetapkan yaitu jika sebelumnya jumlah siswa yang paham
dalam materi sumber energi hanya sebanyak 8 siswa (29%) meningkat menjadi 22
siswa (78%) dari jumlah 28 siswa. Sedangkan 6 atau (22%) siswa merupakan jumlah
siswa yang tidak mampu dan akan diperbaiki melalui proses remedial.
Hasil tersebut memberikan gambaran perbedaan ketika guru kelas menggunakan
proses pembelajaran yang konvensional tanpa memahami bagaimana kondisi siswa
dalam mengikuti proses pembelajaran dengan pemilihan dan penerapan pendekatan
kontekstual secara tepat dengan langkah-langkah yang sesuai disetiap tindakan
memperoleh hasil pembelajaran yang maksimal. Oleh karenanya peneliti telah yakin
bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual pemahaman siswa materi
sumber energi Kelas II SDN 06 Mananggu telah meningkat.
Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Pendekatan Kontekstual
Download berkas