Penulis / NIM
RIANTO TAMRIN MOKO / 151412377
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Rianto Tamrin Moko.151 412 377 Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada
Materi Gaya Magnet Melalui Metode Demonstrasi dikelas V SDN 1 Tolinggula
Ulu. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr.Lukman AR Laliyo, S.Pd, M.Pd,
MM, Pembimbing II Meylan Saleh S.Pd, M.Pd
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah peningkatan
aktivitas belajar siswa melalui metode demonstrasi. Tujuannya untuk mengetahui
peningkatan aktivitas belajar siswa melalui metode demonstrasi. Penelitian ini
menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap
siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan, refleksi,
dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN 1 Tolinggula Ulu.
Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar
mengajar.Dari hasil analisis didapatkan bahwa Aktivitas belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (53,33%), siklus II
(84,88%),
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode demonstrasi
dapat berpengaruh positif terhadap Aktivitas Belajar Siswa SDN 1 Tolinggula
Ulu, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Kata kunci : Aktivitas Belajar, dan Metode Demonstrasi.
Download berkas