Penulis / NIM
NOVIYANTI MANTALI / 151412378
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
Noviyanti Mantali, NIM 151412378. Dengan judul Penelitian “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 17 Tilamuta Kabupaten Boalemo”.Dibawah Bimbingan Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd.,M.Pd selaku pembimbing I dan Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd selaku pembimbing II.
Rumusan masalah Apakah dengan menggunakan model Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas IV SDN 17 Tilamuta Kabupaten Boalemo? tujuan penelitian ini untukmeningkatkan kemampuan membaca dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation padasiswakelas IV SDN 17 Tilamuta Kabupaten Boalemo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, analisis dan refleksi.
Hasil tindakan siklus I diperoleh peningkatan kemampuan siswa dalam membaca 10 orang siswa (48 %) yang memiliki kemampuan baik dalam kemampuan membaca. Hasil pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam membaca hingga mencapai 18 siswa (86 %) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa "Jika Model Pembelajaran Investigation diterapkan pada Pembelajaran Bahasa, maka kemampuan Membaca siswa meningkat pada Kelas IV SD Negeri 17 Tilamuta Kabupaten Boalemo".
Kata Kunci : Membaca Pemahaman, Model Group Investigation
Download berkas