Penulis / NIM
DJIBRAN POLAMOLO / 151412380
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Djibran Polamolo. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat
Sederhana Melalui Media Kontekstual Pada Siswa Kelas II SDN 13 mananggu
Kabupaten Boalmeo. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra Hj Evi Hasyim,
M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T Pulukadang, S.Pd M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan apakah dengan menerapkan media
kontekstual Meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana pada siswa
kelas II SDN 13 Mananggu Kabupaten Boalmeo ? Tujuan penelitian ini adalah
untuk Meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana melalui media
kontekstual pada siswa kelas II SDN 13 Mananggu Kabupaten boalmeo. Metode
yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian tindakan kelas yaitu
untuk memperoleh data Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana
Melalui Media Kontekstual Pada Siswa Kelas II SDN 13 Mananggu Kabupaten
Boalmeo
Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa menulis pada observasi awal 5
siswa yang mampu (31%) dan yang tidak mampu 11 siswa (69%) dari 16 jumlah
siswa. Kemudian pada siklus I. 11 siswa(69%) yang tidak mampu 5 siswa (31%)
dari 16 jumlah siswa. Dilanjutkan pada sisklus II yang mampu 15 siswa (94%)
dan yang tidak mampu 1 siswa (6%) dari 16 jumlah siswa.
Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media kontekstual dapat
Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Pada Siswa Kelas II
SDN 13 Mananggu Kabupaten Boalmeo
Kata Kunci : Kemampuan, Menulis Kalimat Sederhana
Download berkas