Penulis / NIM
SUMIATI DAUD / 151412381
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK
Sumiati Daud, 2014." Penerapan Metode Belajar Tuntas Dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar IPS Materi Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV SDN No. 55
Kecamatan Dumbo Raya". Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas NegeriGorontalo. Pembimbing 1, Drs. Haris Mahmud,
M.Si Pembimbing II, Muchtar Ahmad, S.Pd, M.Si.
Tujuan penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui
penerapan metode belajar tuntas pada materi sumber daya alam dikelas IV SDN No.
55 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo.
Jenis Penelitian yang di gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas
dengan subjek penelitian 20 siswa kelas IV SDN No. 55 Kecamatan Dumbo Raya.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, tes, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis presentase. Hasil penelitian
menunjukan bahwa pada siklus I. Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai
ketuntasan kriteria minimum pada mata pelajaran IPS yang telah ditetapkan sekolah
yakni 80 sebanyak 14 siswa dengan presentase 60%.
Sedangkan pada siklus II, Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai
ketuntasan sebanyak 20 siswa dengan presentase 100%. Sehingga hipotesis jika
dalam pembelajaran guru menerapkan metode belajar tuntas pada materi sumber
daya alam di kelas IV SDN No. 55 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo
dinyatakan diterima atau dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini berhasil.
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Penerapan Metode Belajar Tuntas
Download berkas