Penulis / NIM
RAIHAN IDRUS IBRAHIM / 151412382
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
Adapun yang menjadi tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk
mengetahui penggunaan model pembelajaran tipe bamboo dancing dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa pada materi koperasi di Kelas V SDN 03 Mananggu.
Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk
siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap
Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi.
Berdasarkan hasil analisis dari dua siklus dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa
Motivasi belajar siswa ini, sangat erat hubungannya dengan kemampuan guru menerapkan model
pembelajaran tipe bambu duncing. Meskipun kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan dan telah
berdampak pada peningkatan motivasi belajar siswa, masih perlu pengembangan lebih lanjut.
Hal ini sesuai dengan analisis data hasil penilaian, dimana motivasi belajar siswa belum dapat
meningkat pada siklus I,sehinnga harus diperbaiki dan disempurnakan pada siklus berikutnya
(Siklus II ).
Penelitian tindakan pada siklus 1 hanya 13 orang atau 65% 7 meningkat pada siklus 2 dari 20
orang siswa, terdapat 17 orang siswa atau 85% mencapai kriteria tuntas dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa khususnya pada materi pelajaran IPS atau dapat melebihi kriteria yang
telah ditetapkan sebesar 80% sementara 4 orang atau 15% belum mencapai kriteria tun tas dalam
evaluasi belajarnya.
Berdasarkan temuan ini pula jelas bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi " Jika guru
menerapkan model pembelajaran tipe Bamboo dancing, maka motivasi belajar siswa materi
koperasi Kelas V SDN 03 Mananggu tentu akan meningkat." Dapat diterima.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Model Tipe Bamboo dancing.
Download berkas