Penulis / NIM
YANTO / 151412383
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Yanto. 2014. Meningkatkan hasil belajar siswa materi struktur bumi melalui
model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division di kelas
V SDN 1 Papualangi Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I
Dr. Lukman A.R. Laliyo, S.Pd, M.Pd, MM dan Pembimbing II Meylan Saleh,
S.Pd, M.Pd
Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : "Apakah Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
pada Materi Struktur Bumi di Kelas V SDN 1 Papualangi Kecamatan Tolinggula
Kabupaten Gorontalo Utara Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi struktur bumi di Kelas V SDN 1 Papualangi Kecamatan
Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara melalui Model pembelajaran kooperatif
tipe STAD. Student team achiement jenis penelitian adalah peneltian tindakan
kelas di lakukan dengan 2 siklus, instrumen tes di gunakan untuk mengukur
perolehan hasil belajar dan lember observasi untuk pengamatan tindakan
pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan mulai dari pra
tindakan dengan nilai rata-rata siswa di bawah KKM, siklus I siswa yang tuntas
belajar hanya 9 orang (64.2%), sedangkan siklus II siswa yang tuntas belajar
mencapai 12 orang (85.71%). Maka penggunaan model pembelajaran kooperatif
tipe STAD pada materi struktur bumi di kelas V SDN 1 Papualangi Kecamatan
Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dalam pelaksanaan tindakan tentang
peningkatan hasil belajar siswa pada materi struktur bumi di kelas V SDN 1
Papualangi Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dapat disimpulkan
bahwa pada kondisi awal 23.5%, pada siklus I meningkat menjadi 64.2%, %, dan
pada tindakan siklus II lebih meningkat lagi menjadi 85.71%.
Kata kunci : Hasil Belajar Siswa, Struktur
Bumi.Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division
Download berkas