Penulis / NIM
WIWIN AMRAIN / 151412386
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK
Wiwin Amrain. 2014. Meningakatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Materi Lingkungan Rumah dengan Menggunakan Media Gambar Kelas I SDN 2 Mananggu Kabupaten Boalemo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Muchtar Ahmad,S.Pd, M.Si
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media gamabar aktivitas belajar siswa kelas I SDN 2 Mananggu Kabupaten Boalemo mengalami peningkatan? Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningakatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Materi Lingkungan Rumah dengan Menggunakan Media Gambar Kelas I SDN 2 Mananggu Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian tindakan kelas yaitu untuk memperoleh data aktivitas belajar siswa pada Pelajaran IPS Materi Lingkungan Rumah dengan Menggunakan Media Gambar Kelas I SDN 2 Mananggu Kabupaten Boalemo
Berdasarkan hasil penelitian yang menujukan aktivitas belajar siswa pada observasi awal dari 22 siswa terdapat 5 siswa (23%) yang aktivitas belajarnya baik dan 17 siswa (77%) yang aktivitas belajar siswa yang kurang baik. Pada siklus I terdapat 14 siswa (64%) yang aktivitas belajarnya baik dan 8 siswa (36%) yang aktivitas belajar siswa yang kurang baik. Kemudian pada siklus II yang terdapat 19 siswa (86%) yang aktivitas belajarnya baik dan 3 siswa (14%) yang aktivitas belajar siswa yang kurang baik.
Dengan demikian Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat Meningakatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Materi Lingkungan Rumah Kelas I SDN 2 Mananggu Kabupaten Boalemo.
Kata kunci : Aktivitas, Media, Gambar
Download berkas