Penulis / NIM
MULYATI BANGI / 151412387
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Mulyati Bangi. 2014. Penggunaan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatan
Ranah Kognitif dan Afektif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN 11
Telaga Desa Dulamayo Selatan Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan
Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.I, M.HI.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan penggunaan pendekatan
kontekstual dapat meningkatkan ranah kognitif dan afektif siswa pada mata pelajaran
IPS di kelas IV SDN 11 Telaga Desa Dulamayo Selatan Kecamatan Telaga
Kabupaten Gorontalo?". Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ranah kofnitif
dan afektif siswa dengan penggunaan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran
IPS di kelas IV SDN 11 Telaga Desa Dulamayo Selatan Kecamatan Telaga
Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas IV
SDN 11 Telaga Desa Dulamayo Selatan Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo
dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 11 orang siswa
perempuan yang pada siklus I menunjukkan 2 orang siswa yang memperoleh kriteria
tuntas 8 % dengan daya serap 55 %. Pada siklus II meningkat menjadi 21 orang siswa
atau 81 % dan daya serap 84 % dari hasil tersebut dinyatakan bahwa kriteria tuntas
atau indikator tercapai.
Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual
pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan ranah kognitif dan afektif siswa.
Kata Kunci: Ranah Kognitif dan Afektif, Mata Pelajaran IPS, Pendekatan
Kontekstual
Download berkas