SKRIPSI

Penulis / NIM
MU'MIN KADIR / 151412389
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK Mu'min Kadir, 2015. Dengan Judul Penelitian adalah" Metode Umpan Balik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas III SDN 1 Papualangi Kabupaten Gorontalo Utara. Dibawah Bimbingan Dra. Hj Hakop Walangadi, M.Si selaku pembimbing I dan Dr. Muchtar Ahmad,S.Pd.,M.Si selaku pembimbing II dalam penelitian ini. Dengan rumusan masalah penelitian ini adalah "Apakah hasil belajar siswa pada materi memelihara lingkungan alam buatan disekitar rumah dapat ditingkatkan melalui Metode umpan balik di kelas III SDN 1 Papualangi Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara.? Sementera Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi memelihara lingkungan alam buatan disekitar rumah dapat ditingkatkan melalui Metode umpan balik di kelas III SDN 1 Papualangi Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan beberapa hal dalam penelitian ini bahwa penindakan pada Siklus I melalui persiapan pembelajaran dengan menggunakan metode umpan balik,diperoleh hasil pembelajaran tentang memelihara lingkungan alam dan buatan siswa kelas III SDN 1 Papualangi Kecamatan Tolinggula,mengalami peningkatan hasil belajar dengan nilai perolehan rata-rata kelas mencapai (KKM) Tuntas berjumlah 13 0rang (65%) sedangkan kategori belum tuntas hasil belajarnya berjumlah 7 orang (35%). Hasilnya belajar setelah dilakukan penindakan pada siklus II di peroleh nilai dengan nilai rata-rata kelas III SDN 1 Papualangi Kecamatan Tolinggula dalam peningkatan keberhasilan belajar tentang memelihara lingkungan alam dan buatan dengan menggunakan metode pembelajaran umpan balik, menunjukkan titik terang yang baik bagi perubahan perilaku belajar siswa dari yang sebelumnya, hal ini ditujukan oleh adanya perubahan pada hasil belajar siswa dengan mengalami peningkatan ketuntasan belajar serjumlah 16 orang (80%) sedangkan kategori tidak tuntas hasil belajarnya berjumlah 4 orang (20%). Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi bahwa jika digunakan metode pembelajaran umpan balik ini maka hasil belajar siswa di kelas III SDN 1 Papualangi Kecamatan Tolinggula akan meningkat. Kata Kunci ; Metode Umpan Balik dan Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011