Penulis / NIM
SRI ULIN LAHAY / 151412392
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
Sri Ulin Lahay. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegunaan Panas Matahari Dalam Kehidupan Sehari-Hari Melalui Media Visual Di kelas II SDN 1 Salongo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd M.Pd dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah melalui media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kegunaan panas matahari dalam kehidupan sehari-hari di kelas 2 SDN 1 Salongo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan?”. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kegunaan panas matahari dalam kehidupan sehari-hari melalui media visual di kelas II SDN 1 Salongo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Hipotesis penelitian ini adalah jika dalam pembelajaran IPA, guru menggunakan media visual maka hasil belajar siswa pada materi kegunaan panas matahari dalam kehidupan sehari-hari di kelas II SDN 1 Salongo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan meningkat. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 62.5% sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa lebih meningkat lagi menjadi sebesar 95.83%. Berdasarkan hasil tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui media visual hasil belajar siswa pada materi kegunaan panas matahari dalam kehidupan sehari-hari di kelas II SDN 1 Salongo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan meningkat.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kegunaan Panas Matahari, Media Visual.
Download berkas