Penulis / NIM
ELAN A. DUKALANG / 151412393
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
Elan A. Dukalang. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menceritakan
Peristiwa Melalui Model Artikulasi di Kelas III SDN 2 Botubilotahu Kecamatan
Marisa Kabupaten Pohuwato. Skripsi. Program Studi S1 PGSD, Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II
Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd.
Penelitian ini dilakukan dengan masalah apakah kemampuan siswa kelas III SDN
2 Botubilotahu Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato dalam menceritakan
peristiwa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model artikulasi? Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menceritakan
peristiwa di kelas III SDN 2 Botubilotahu Kecamatan Marisa Kabupaten
Pohuwato melalui model artikulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, dari jumlah siswa sebanyak 20
orang, siswa yang memperoleh nilai yang mencapai ketuntasan dengan indikator
kinerja mencapai 75% dengan kriteria mampu adalah mencapai 67,5% sedangkan
siswa yang memperoleh kriteria kurang mampu mencapai 25%, dan tidak mampu
mencapai 7,5%. Pelaksanaan tindakan pada siklus II sudah mencapai target
karena siswa yang mendapatkan kriteria mampu rata-rata mencapai 88%
sedangkan siswa yang memperoleh kriteria kurang mampu dengan persentase
rata-rata mencapai 12%, hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan.
Dari hasil penelitian tindakan kelas ini baik siklus I maupun siklus II dapat
disimpulkan bahwa model artikulasi dapat meningkatkan kemampuan siswa
menceritakan kembali peristiwa pada siswa kelas III SDN 2 Botubilotahu
Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato.
Kata Kunci : Kemampuan, Menceritakan Peristiwa, Model Artikulasi
1
Download berkas