Penulis / NIM
NUR S. BIKI / 151412394
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Nur S. Biki, 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis melalui Metode (Mind Mapping) Pada Siswa Di Kelas II SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hj Evi Hasyim,M.Pd dan Pembibing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan apakah Kemampuan menulis melalui metode mind mapping pada siswa di kelas II SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo dapat di tingkatkan ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelas II SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo melalui menggunakan metode mind mapping. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian tindakan kelas yaitu untuk memperoleh data kemampuan menulis siswa melalui metode mind mapping pada siswa di kelas II SDN 1Tilango Kabupaten Gorontalo.
Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa menulis pada pelaksanaan obervasi awal dari 20 jumlah siswa yang mampu 2 siswa (10%) dan yang tidak mampu 18 siswa (90%). Kemudian pada siklus I yang mampu 11 siswa(55%) dan yang tidak mampu 9 siswa(45%) dari 20 jumlah siswa. Pada siklus II terdapat 16 orang siswa (80%) yang mampu, sedangkan yang tidak mampu 4orang siswa (20%)
Dengan demikian Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelas II SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Kemampuan, Menulis, Mind Mapping,
Download berkas