Penulis / NIM
HAIRA LAMAKE / 151412396
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Haira lamake. 2014. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Sumber Daya
Alam Melalui Pendekatan Pembelajaran Induktif Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 1
Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Gorontalo. Pembimbing I Dra.
Hj. Hakop Walangadi, M.Si Dan pembing II Samsi Pomalingo S.Ag, M,A.
Berdasarkan pembatasan masalah yang telah peneliti kemukakan maka rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah: "Apakah pemahaman siswa siswa pada materi
sumber daya alam dapat ditingkatkan melalui pendekatan pembelajaran induktif mata
pelajaran ips kelas IV SDN 1 Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara
Data tersebut menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mengalami peningkatan
pemahaman pada siklus II sejumlah 30 orang siswa atau sebesar 93.3% dari hasil
kondisi awal 33.3%. dan siklus I 73.3% Sedangkan siswa yang belum mencapai target
sejumlah 2 orang atau 7%. Dari data hasil siklus II menunjukkan bahwa pemahaman
siswa tersebut melebihi target indikator kinerja sebesar 75% dari jumlah siswa
sebanyak 30 orang dengan nilai KKM 70.
Dapat disimpulkan bahwa Pemahaman Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam
Melalui Pendekatan Pembelajaran Induktif Mata Pelajaran IPS sudah baik dan
mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan
Kata kunci: pemahaman siswa, Pendekatan Pembelajaran Induktif
Download berkas