SKRIPSI

Penulis / NIM
HAIRA LAMAKE / 151412396
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK Haira lamake. 2014. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Melalui Pendekatan Pembelajaran Induktif Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 1 Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si Dan pembing II Samsi Pomalingo S.Ag, M,A. Berdasarkan pembatasan masalah yang telah peneliti kemukakan maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: "Apakah pemahaman siswa siswa pada materi sumber daya alam dapat ditingkatkan melalui pendekatan pembelajaran induktif mata pelajaran ips kelas IV SDN 1 Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara Data tersebut menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mengalami peningkatan pemahaman pada siklus II sejumlah 30 orang siswa atau sebesar 93.3% dari hasil kondisi awal 33.3%. dan siklus I 73.3% Sedangkan siswa yang belum mencapai target sejumlah 2 orang atau 7%. Dari data hasil siklus II menunjukkan bahwa pemahaman siswa tersebut melebihi target indikator kinerja sebesar 75% dari jumlah siswa sebanyak 30 orang dengan nilai KKM 70. Dapat disimpulkan bahwa Pemahaman Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Melalui Pendekatan Pembelajaran Induktif Mata Pelajaran IPS sudah baik dan mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan Kata kunci: pemahaman siswa, Pendekatan Pembelajaran Induktif
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011