Penulis / NIM
DEWITA TANDE / 151412399
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
Dewi Tande. 2013. Meningkatkan kemampuan siswa menyusun kalimat melalui pendekatan CTL kelas III SDN 07 Mananggu Kabupaten Boalemo, Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Evi Hasyim, S.Pd. M.Pd. Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd. M.Pd
Rumusan penelitian adalah Apakah Pendekatan Contexstual Teaching And Learning dapat meningkatkan kemampuan menyusun kalimat siswa di kelas III SDN 07 Mananggu Kabupaten Boalemo ? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk Untuk meningkatkan kemampuan siswa menyusun kalimat melalui pendekatan CTL di kelas III SDN 07 Mananggu Kabupaten Boalemoā€¯.
Peneltian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus Secara keseluruhan jumlah siswa yang berada pada kategori mampu adalah sebanyak 9 atau 56% siswa, 1 siswa atau 6% pada kategori kurang mampu sedangkan sebanyak 6 siswa atau 38% pada kategori tidak mampu. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 13 siswa atau 81 % berada pada kategori mampu, 0 % berada pada kategori tidak mampu dan 3 siswa atau 19 % berada pada kategori tidak mampu.
Dengan demikian kemampuan siswa menyusun kalimat melalui pendekatan Contexstual Teaching And Learning kelas III SDN 07 Mananggu Kabupaten Boalemo meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan, Menyusun, Kalimat, Pendekatan CTL
Download berkas