Penulis / NIM
MUKMIN RUDIN TAMIM / 151412400
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Mukmin Rudin Tamim. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang
Konsep Sifat-sifat Cahaya Melalui Metode Demonstrasi di Kelas V SDN I
Tolinggula Ulu Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi,
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas
Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman AR Laliyo, S.Pd, M.Pd MM dan
Pembimbing II Meilan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah metode demonstrasi dapat
meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep sifat-sifat cahaya di kelas V SDN
1 Tolinggula Ulu Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara ?". Tujuan
penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang
Konsep Sifat-sifat Cahaya Melalui Metode Demonstrasi di Kelas V SDN I
Tolinggula Ulu Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan di kelas V SDN 1 Tolinggula Ulu Kecamatan Tolinggula Kabupaten
Gorontalo Utara. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
menggunakan teknik observasi dan teknik dokumentasi.
Pada observasi awal hanya 12 siswa (40%) yang tuntas dari 30 siswa, pada siklus I
mengalami peningkatan menjadi 22 siswa (73,3%) selanjutnya pada siklus II
jumlah siswa yang tuntas meningkat lagi menjadi 27 siswa (90%).
Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode
demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 1 Tolinggula
Ulu Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara.
Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar
Download berkas