SKRIPSI

Penulis / NIM
LINA ISA / 151412404
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
Lina Isa.2014.Judul Penelitan "Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa, pada materi mengenal permasalahan sosial didaerahnyapelajaran IPS melalui PBM Kelas IV SDN 09 Mananggu, kabupaten Boalemo". Skripsi. Program PPKHB. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud M.Si dan Pembimbing II Samsi Pomalingo S.Ag.MA Rumusan masalah " Apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi " Mengenal Permasalahan sosial didaerahnya, Pelajaran IPS di kelas IV SDN 03 Mananggu, kabupaten Boalemo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan pada siklus 1 pemahaman dan hasil belajar siswa sebesar 30%, pada siklus 2 meningkat menjadi 76%. Sehingga penelitian ini telah sesuai dengan indikator yang diharapkan yaitu minimal 75% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa SDN 03 Mananggu. Kata Kunci : Pemahaman dan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011