Penulis / NIM
MARYAM BAU / 151412405
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Maryam Bau2013.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Sumber Energi melalui Penggunaan Alat Peraga Di Kelas II SDN 12 Botumoito Kabupaten BoalemoTahunPelajaran 2012/2013. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru SekolahDasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2013.
BapakDr.LukmanA.R.Laliyo,M.Pd.MMselakuPembimbing I dan
IbuMeylanSaleh, S.Pd, M.PdselakuPembimbing II.
Penelitianiniadalahjenis penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untukmeningkatkanhasilbelajarsiswatentang sumber energi melalui penggunaaan alat peraga di kelas II SDN 12 Botumoito Kabupaten Boalemo tahunpelajaran 2012/2013. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran.Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa tentang sumber energi dan lembar observasi kegiatan guru dan siswa selama proses tindakan pembelajaran.Data dianalisis secara deskriptif dengan penyajian persentase.Hasil pelaksanaan tindakan siklus I hasil belajar siswa belum mencapai indikator yang diharapkan, yakni Dari 17 orang keseluruhan jumlah siswa, terdapat 12 siswa yang memperoleh nilai kurang dari 70 atau 70.58 %. Dari 17 orang keseluruhanjumlahsiswa, terdapat 5 siswa yang memperolehnilai 70 keatasatau29.41%, sehinggadayaserapsiswamencapai 62,35 %. Sehingga dilaksanakan siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan dari hasil belajar siswa yaitu 17 orang keseluruhan jumlah siswa terdapat 1 siswa yang memperoleh nilai kurang dari 70 atau 5.88 %. Dari 17 orang keseluruhanjumlahsiswa, terdapat 16siswa yang memperolehnilai 70 keatasatau 94.11%,sehinggadayaserapsiswamencapai 89,29% atau indikator tercapai.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwapenngunaan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran IPA.
Kata Kunci: HasilBelajar Siswa, Alat Peraga
Download berkas