SKRIPSI

Penulis / NIM
SANTI ADAM / 151412407
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK Santi Adam. 2015. Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Materi Ciri-Ciri Rumah Sehat Melalui Media Audio Visual Pada Pembelajaran IPS Di Kelas I SDN No55 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar M.Pd dan Pembimbing II Nurhayati Tine S.Pd.I M.H.I Pemahaman siswa tentang ciri-ciri rumah sehat pada pembelajaran IPS di kelas I SDN No. 55 Dumbo Raya Kota Gorontalo alo, kurang memuaskan karena tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hal tersebut disebabkan oleh media pembelajaran yang diterapkan oleh guru merupakan media pembelajaran konvensional, yang menyebabkan pembelajaran kebanyakan berpusat pada guru dan siswa cenderung lebih pasif.Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian mengenai peningkatan pemahaman siswa melalui media audio visual. Hal ini untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman siswa dikelas I SDN No. 55 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses peningkatkan pemahaman siswa tentang materi ciri-ciri rumah sehat melalui media audio visual pada pembelajaran IPS di kelas I SDN No55 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas I SDN No. 55 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa observasi selama proses pembelajaran berlangsung, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, hasil evaluasi siswa serta dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran tentang ciri-ciri rumah sehat melalui media audio visual pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan pemahaman siswa, hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan yang diperoleh siswa sebelum menggunakan media audio visual yang tuntas pada kondisi awal sejumlah 14 orang dengan persentase ketuntasan 41.17%, pada siklus I meningkat menjadi sejumlah 25 orang persentase 73.52%, dan pada siklus II mengalami peningkatan melebihi standar ketuntasan yaitu sejumlah 32 orang atau sebesar 94.11%.Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada pemahaman siswa tentang materi ciri-ciri rumah sehat melalui media audio visual pada pembelajaran IPS dan siswa terlihat lebih aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Media Audio Visual.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011