Penulis / NIM
ZARKIYAH BOTUTIHE / 151412408
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Zarkiyah Botutihe.2014.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi
Panas Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas IV SDN 1 Tolinggula Ulu
Kabupaten Gorontalo Utara.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah
Dasar.Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Nengeri Gorontalo . Pembimbing I
Dr. Lukman A.R. Laliyo, S.Pd, M.Pd, MM dan pembimbing II Meylan Saleh,
S.Pd, M.Pd
Rumusan permasalahan dalam penulisan ini adalah: "Apakah penggunaan metode
demonstrasi dapat meningkatkan hasil siswa pada materi energi panas di kelas IV
SDN 1 Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara. Tujuan penelitian adalah
untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi panas melalui metode
demonstrasi di kelas IV SDN 1 Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara.
Data tersebut menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mengalami peningkatan
hasil belajar siswa pada siklus II sejumlah 21 orang siswa atau sebesar 93.3% dari
hasil kondisi awal 31.18%. dan siklus I 63.6% Sedangkan siswa yang belum
mencapai target sejumlah 1 orang atau 4.6%. Dari data hasil siklus II
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tersebut melebihi target indikator kinerja
sebesar 75% dari jumlah siswa sebanyak 22 orang dengan nilai KKM 70.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka peneliti menarik kesimpulan
bahwa: 1). Hasil belajar siswa pada materi energi panas di Kelas IV SDN 1
Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara dapat ditingkatkan melalui metode
demonstrasi, yang ditunjukan dengan indikator kinerja, yakni: minimal 75% dari
seluruh siswa memperoleh nilai KKM 70 dengan rincian perolehan sebagai
berikut: kondisi awal 31.18%, siklus I meningkat menjadi 63.6%, dan siklus II
meningkat menjadi 95.4%.
Kata Kunci: Hasil Belajar Dan Metode Demonstrasi
Download berkas