Penulis / NIM
FAUZIAH SAIDO / 151412409
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
Fauzia Saido. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peranan
Indonesia Pada Era Global Melalui Metode Pemecahan Masalah Di Kelas VI
SDN No. 68 Kota Timur Gorontalo.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Pembimbing I Dra.Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Nur Tine, S.Pd
M.Pd.
Masalah penelitian ini yaitu Apakah melalui metode pemecahan masalah
(Problem Solving) dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI dalam
pembelajaran IPS dengan materi peranan indonesia pada era global. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran
IPS dengan materi peranan indonesia pada era global melalui metode pemecahan
masalah (problem solving).
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus
melalui empat tahapan dan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara
dan tes. Dari hasil penelitian siklus 1 diperoleh 5 orang siswa atau 33% yang
memperoleh nilai 75 ke atas dan 10 orang siswa atau 67% memperoleh nilai 75 ke
bawah. sehingga dilanjutkan pada siklus 2. Pada siklus 2 diperoleh 12 orang atau
80% yang memperoleh nilai 75 ke atas dan 2 orang siswa atau 20% yang
memperoleh nilai 75 ke bawah. Hal ini menunjukkan bahwa indikator kinerja
dalam penelitian ini telah tercapai
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui metode pemecahan
masalah (problem solving) hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan
materi peranan indonesia pada era global di kelas VI SDN No. 68 Kecamatan
Kota Timur Kota Gorontalo meningkat.
Kata kunci : Hasil Belajar IPS, Metode Pemecahan Masalah (Problem
Solving)
Download berkas