Penulis / NIM
DJUMIA BALISE / 151412411
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Djum’ia Balise. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Torso Pada Materi Organ Peredaran Darah manusia di Kelas V MI-Alwathaniyah Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2013.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media Torso dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi organ peredaran darah manusia di kelas V MI-ALWATHANIYAH Kota Timur Kota Gorontalo?”. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media Torso pada materi organ peredaran darah manusia di kelas V MI Alwathaniyah Kota Timur Kota Gorontalo. Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan media Torso pada pembelajaran,
Hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan yang mana jumlah siswa yang tuntas pada siklus I ini sebanyak 7 orang (58,33%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 70. Penelitian kemudian dilanjutkan dengan siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang mana jumlah siswa yang tuntas telah meningkat menjadi 10 orang (83,33%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 79,17%. Disimpulkan bahwa media Torso dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Torso , Organ peredaran darah manusia
Download berkas