Penulis / NIM
DEVIYANI UMAR / 151413005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Deviyani Umar. 2017."Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Jigsaw di Kelas IV SDN 55 Dumbo Raya Kota Gorontalo". Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Elmia Umar, M.Pd, Pembimbing II : Samsi Pomalingo, S.Ag, MA.
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan dengan pernyataan "Apakah dengan penggunaan model pembelajaran jigsaw pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 55 Dumbo Raya Kota Gorontalo dapat meningkat?". Berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 55 Dumbo Raya Kota Gorontalo melalui model jigsaw. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Pada siklus I 10 siswa atau 43,48% yang paham dan 13 siswa atau 56,52% yang tidak paham pada mata pelajaran PKn pada materi globalisasi, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 18 siswa atau 78,26% yang paham dan 5 atau 21,73% yang tidak paham dari 23 siswa yang ada di kelas IV SDN 55 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw maka pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 55 Dumbo Raya Kota Gorontalo dapat meningkat.
Kata Kunci : Pemahaman, PKn, Jigsaw
ABSTRACT
Deviyani Umar. 2017. "Increasing Students' Comprehension on Civics Education Subject though Jigsaw Learning Model at Grade IV of SDN 55 Dumbo Raya, Gorontalo City." Skripsi. Bachelor Study Program of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal supervisior is Dra. Elmia Umar, M.Pd and Co-supervisor is Samsi Pomalingo, S.Ag, MA.
Problem statement of this research is whether or not the application of jigsaw learning model can increase students' comprehension on Civics Education subject at grade IV of SDN 55 Dumbo Raya, Gorontalo City. It aims at increasing students' comprehension on Civics Education subject at grade IV of SDN 55 Dumbo Raya, zgorontalo city by the application of jigsaw learning model.
Finding reveals that in cycle I, there are only 10 students out of 23 or 43,48% who have comprehended globalization topic of civics education subject while 13 students have not yet. Then, in cycle II, students who have comprehended globalization topicof civics education subject increase to be 18 students or 78,26% while those who have not yet decrease to be 5 students or 21,73%. Based on finding, it can be concluded that the application of jigsaw learning model can increase students' comprehension on Civcs Education subject at grade IV of SDN 55 Dumbo Raya, Gorontalo City.
Keywords : Comprehension, Civics Education, Jigsaw
Download berkas