Penulis / NIM
AGUSTIN S. ARSAD / 151413008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
AGUSTIN ARSYAD, 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Teknik Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Di Kelas V SDN 3 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj Salma Halidu S.Pd M.Pd dan Pembimbing II, Dra. Ratnarti Pahrun , M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah ''Apakah melalui tehnik CIRC dapat meningkatkan kemampuan menulis paragaraf di kelas V SDN 3 Batudaa Pantai Kab.Gorontalo'' ? . Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi melalui teknik CIRC diKelas V SDN 3 Batudaa Pantai Kab.Gorontalo. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas , tehnik pengumpulan data, observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil observasi awal menunjukkan dari 19 Desember 2016 ada 8 otang atau 40% siswa yang mampu menulis paragraf argumentasi. Setelah dilaksanakan siklus I menjadi 11 orang atau 55% siswa, kemudian dilanjutkan dengan siklus II kemaampuan siswa menulis paragraf menjadi 17 atau 85% . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkam bahwa dengan menggunakan teknik CIRC dalam kemampuan menulis paragraf argumentasi dikelas V SDN 3 Batudaa Pantai Kab.Gorontalo meningkat.
Kata kunci : Menulis paragraf argumentasi, Teknik CIRC
Download berkas