Penulis / NIM
PATRICIA US. YAHYA / 151413011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Yahya,Patricia,Usman 2018. Deskripsi Kemampuan Bertanya Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN 04 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Dr. Asni Ilham, M.Si dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana deskripsi kemampuan bertanya siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo ?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan bertanya siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian siswa kelas IV B dengan jumlah 35 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara guru, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa kemampuan bertanya siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo terlihat sudah terlihat mampu, guru yang mengajar di kelas tersebut mampu menyesuaikan mampu memaksimalkan kemampuan bertanya siswa dengan pembelajaran IPA di kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa siswa yang terlihat sangat mampu didalam proses pembelajaran berlangsung di kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo berjumlah 7 orang siswa dengan presentase 20%, yang terlihat mampu ada 27 orang siswa dengan presentase 77,14%, yang cukup mampu hanya 1 orang siswa dengan presentase 2.85% dan yang terlihat kurang mampu tidak ada atau 0%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan bertanya siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo sudah mampu.
Kata Kunci : Kemampuan Bertanya siswa, Pembelajaran IPA
ABSTRACT
Yahya, Patricia Usman. 2018. Description of Students' Questioning Ability in Natural Science Subject at Grade IV Elementary School SDN 04 Batudaa of Gorontalo Regency. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education. Faculty of Education. Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor. Dr. Asni Ilham, M.Si. Co-Supervisor: Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd.
The purpose of this research is to describe students' questioning ability in natural science subjects at grade IV Elementary School SDN 4 Batudaa of Gorontalo Regency; this is formulated based on the problem statement of this research. This quantitative descriptive research involved 72 students of Grade IVA and IV B as the sample. The data were collected from observation, teacher interview, and documentation.
The result shows that students are able to ask questions in natural science subject in the site area. The teacher can optimize students' questioning ability in that subject. Based on this result, there are seven students who are very able to ask questions in the learning process with the percentage of 20%, and 27 students who are able to do such things with the percentage of 77.14%. However, only one student is having an adequate ability of questioning with the percentage of 2.85%, and no students or 0% have a poor ability. It can be concluded that students are able to ask questions in natural science subject at grade IV Elementary School SDN 4 Batudaa of Gorontalo Regency.
Keywords: Students' Questioning Ability, Natural Science Learning Process
Download berkas