Penulis / NIM
NURDJANA KANTU / 151413019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
Nurdjana Kantu. 2017. Meningkatkan Kemampian Berbicara Melalui Pidato Pada Siswa Kelas IV SDN 107 Kota Utara, Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah " Apakah melalui pidato kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN 107 Kota Gorontalo dapat ditingkatkan? ". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui pidato pada siswa kelas IV SDN 107 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dengan tehnik pengumpulan data tes, observasi, dan dokumentasi.
Hasil observasi awal dilaksanakan pada hari selasa 28 november 2017 menunjukan bahwa dari 28 siswa yang mampu hanya 3 siswa atau (10,71%). Pada siklus I dilaksanakan pada hari rabu 29 november 2017mengalami peningkatan menjadi 5 siswa (18%) yang mampu berbicara melalui pidato. Pada siklus II dilaksanakan pada hari kamis 30 November 2017 meningkat menjadi 23 siswa atau (82%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui pidato kemampuan berbicara pada siswa kelas IV SDN 107 Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Berbicara, Pidato
Download berkas