Penulis / NIM
PARAMITA HALID / 151413021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Paramita Halid. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa melalui Model Bermain Peran Pada Siswa Kelas V SDN 02 Dungaliyo Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah kemampuan berbicara siswa Kelas V dapat meningkat melalui model bermain peran ?". Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model bermain peran dalam upaya meningkatkan kemampuan berbicara siswa di kelas V SDN 02 Dungaliyo Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif.
Dari hasil observasi awal menunjukkan bahwa dari 27 orang siswa hanya 8 orang atau sebesar 30% yang memiliki kemampuan berbicara. Pada siklus I hal tersebut mengalami peningkatan menjadi 15 orang atau sebesar 56%. Pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu menjadi 22 orang atau sebesar 82%. Terkait hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas V SDN 02 Dungaliyo Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Model Bermain Peran.
ABSTRACT
Paramita Halid. 2017. Increasing Students Speaking Skill Through Role Play Method at Grade V of SDN 02 Dungaliyo, Sub-district of Dungaliyo, District of Gorontalo. Skripsi. Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dr. Yusuf Jafar, M.Pd and Co-supervisor is Hj. Sumarni Mohamad, S. Pd, M.Pd.
Problems statement of this research is whether or not through the application of role play method, grade V students' speaking skill can be increased. It aims at investigating affectivenes of the application of role play in increasing students' speaking skill at grade V in of SDN 02 Dungaliyo, Sub-district of Dungaliyo, District of Gorontalo. Techniques of data collection are observation, test, and documentation. Meanwhile, data analysis applies descriptive technique.
Findings reveal that in pre-observation, there are only 8 out of 27 students or 30% who have speaking skill. In cycle I, it increases to be 15 students or 56%. Then, in cycle II, it increases more to be 22 students or 82%. Regarding to the findings, it can be concluded that application of role play method can increase grade V students speaking skill in SDN O2 Dungaliyo, Sub-district of Dungaliyo, District of Gorontalo.
Keywords: Speaking Skill, Role Play Model
Download berkas