Penulis / NIM
MARYAM K. ISMAIL / 151413022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Maryam K. Ismail, 2017. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita di Kelas III SDN 4 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S I Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Salma Halidu, S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan Menggunakan Metode Bercerita dapat Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Kelas III SDN 4 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo"? Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan metode bercerita. Metode Penelitian ini menggunakan Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data observasi,tes, dan dokumentasi.
Dari hasil observasi awal menunjukan bahwa dari 18 jumlah siswa keseluruhan hanya 6 orang yang mampu atau sebesar 33%, kurang mampu 9 orang atau dengan presentase 44%, kurang mampu 3 orang atau dengan presentase 16%. Pada siklus I meningkat menjadi 9 orang yang mampu atau dengan presentase 50%, kurang mampu 8 orang atau dengan presentase 44%, dan tidak mampu 1 orang atau dengan presentase 5% dan pada siklus II meningkat yaitu 17 orang yang mampu atau dengan presentase 94%, kurang mampu 1 orang atau dengan presentase 5%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bercerita keterampilam berbicara meningkat.
Kata kunci: Keterampilan berbicara, Metode bercerita
ABSTRACT
MARYAM K. ISMAIL, 2017. Improving Speaking Skill using Story Telling Method at Grade III in SDN 4 Batudaa Pantai, District of Gorontalo. Skripsi, Bechelor Study Program of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd and Co- supervisor is Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
Problem statement of this research is whether or not by applying story telling Method Speaking Skill of Grade III students in SDN 4 Batudaa Pantai, District of Gorontalo can be increased. This research aims at increasing speaking skill by applying story telling method. It applies classroom action research by having observation, test, and documentation.
Findings reveal that in intial observation, out of 18 students, 6 students are categorized as able or 33%, 9 students or 44% are less able, 3 students or 16% are not able. In cycle 1,9 students are categorized as able or 44% are less able, 1 students or 5% is not able. Then, in cycle 11, 17 students or 94% are able and I student or 5% is not able. Based on the findings, it can be concluded that by applying story telling method, speaking skill can be increased.
Keywords : Speaking Skill, Story Telling Method
Download berkas