Penulis / NIM
PRAHAYU SAUD / 151413024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Prahayu Saud. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi melalui Gambar Seri (Picture and Picture) Pada Siswa Kelas III SDN 7 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan gambar seri (picture and picture) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas III SDN 7 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango?". Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan narasi melalui gambar seri (picture and picture) pada siswa kelas III SDN 7 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi.
Dari hasil observasi awal menunjukkan bahwa dari 20 orang siswa hanya 6 orang (30%) yang mampu, dan 14 orang (70%) yang tidak mampu menulis karangan narasi. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 11 orang (55%) yang mampu, 3 orang (15%) yang kurang mampu, dan 6 orang (30%) yang tidak mampu menulis karangan narasi. Pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu menjadi 17 orang (85%) yang mampu, dan 3 orang (15%) kurang mampu menulis karangan narasi. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui gambar seri (picture and picture) kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas III SDN 7 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan Menulis Karangan Narasi, Gambar Seri (Picture and Picture).
ABSTRACT
Prahayu Saud. 2017. Improving Narrative Text Writing Ability through Picture and Picture Learning Model at Grade III in SDN 7 Tilongkabila, District of Bone Bolango. Skripsi, Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd and Co-supervisor is Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
Problem statement of this research is whether or not the by applying picture and picture learning model, narrative text writing ability of students at grade III in SDN 7 Tilongkabila can be improved. It aims at improving narrative text writing ability through Picture and Picture learning model at grade III in SDN 7 Tilongkabi, District of Bone Bolango. It applies classroom action research. Techniques of data collection are observation, test, and documentation.
Findings reveal that in initial observation, out of 20 students, 6 students or 30% are categorized as able and 14 students or 70% are not able. In cycle I, II students or 55% are categorized as able, 3 students or 15% are less able, and 6 students or 30% are not able. Then, in cycle II, there is a significance improvement in which 17 students or 85% are able and 3 students or 15% are not able. Based on the findings, it can be concluded that by applying picture and picture learning model, narrative text writing ability of students at grade III in SDN 7 Tilongkabila ca be improved.
Keywords: Narrative Text Writing Ability, Picture and Picture Learning Model
Download berkas