Penulis / NIM
YUSNI YUNUS / 151413027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Yusni Yunus 2017. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa menggunakan model pembelajaaran Numbered Heads Together (NHT) di Kelas VI SDN 4 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "apakah dengan menggunakan model Pembelajaaran Numbered Heads Together (NHT) kemampuan berbicara siswa kelas IV dapat meningkat ?". Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaaran Numbered Heads Together (NHT) dalam upaya meningkatkan kemampuan berbicara bagi siswa kelas VI SDN 4 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa dari 36 orang jumlah siswa hanya 12 orang atau sebesar 33% yang memiliki kemampuan berbicara. Pada siklus I hal tersebut mengalami peningkatan menjadi 25 orang atau sebesar 69%. Pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikanya itu menjadi 32 orang atau sebesar 89%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VI SDN 4 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, model Numbered Heads Together (NHT)
ABSTRACT
Yusni Yunus 2017. Improving Speaking Skills Students use the Numbered Heads Together (NHT) classroom in Class VI SDN 4 Telaga sub-district of Telaga, Gorontalo District. Essay. Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Supervisor I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd and Advisor II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd.
The problem studied in this research is "whether by using the Numbered Heads Together (NHT) Reversal model, the ability to speak fourth grade students can increase?". The purpose of this research is to know the effectiveness of using Numbered Heads Together (NHT) model in order to improve the speaking ability for the students. Technique of collecting data obtained through observation, test, and documentation.
Fidings reveal that in initial observations, indicate that of 36 students only 12 people or 33% who have the ability to speak. In cycle I it was increased to 25 people or by 69%. In the second cycle has increased significantly to 32 people or 89%. It can be concluded that the use of Numbered Heads Together (NHT) model of learning can improve the speaking ability of grade 6 students of SDN 4 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo.
Keywords: Speech Capability, Model Numbered Heads Together (NHT)
Download berkas