Penulis / NIM
MEI TOLOYE / 151413028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Mei Toloye. 2020. Deskrepsi Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas IV SDN Tibawa Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Sumarni Mohamad S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah Bagaimana Kemampuan Siswa Kelas IV SDN 23 Tibawa Kabupaten Gorontalo dalam menulis puisi ? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis puisi pada siswa kelas IV SDN 23 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan dalam menulis puisi pada siswa kelas IV SDN 23 Tibawa Kabupaten Gorontalo masih rendah, dari 22 siswa yang mampu menulis puisi 5 siswa sedangkan yang tidak mampu ada 17 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan berdasarkan temuan dan pembahasan, peneliti dapat simpulkan bahwa kemampan menulis puisi pada siswa kelas IV SDN 23 Tibawa masih kurang optimal, terutama pada diksi/pilihan kata.
Kata kunci : Kemampuan Menulis Puisi
Download berkas