Penulis / NIM
ROVIKA TAAJI / 151413031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Rovika Taaji. 2020. "Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 01 Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd, dan Pembimbing II Meylan Saleh S.Pd. M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Paguyaman Pantai, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 01 Paguyaman Pantai dengan jumlah anggota populasi sejumlah 25 orang yang dijadikan anggota sampel. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan rumusan masalah dan hipotesis penelitian yang diajukan, serta hasil penelitian yang didasarkan pada analisis data dan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 01 Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo. Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa nilai t_hitung>t_tabel yaitu 7.999 > 1.711 yang artinya menolak H0 dan menerima H1, sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair share terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 01 Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo.
Kata Kunci: Think Pair Share, Pembelajaran IPA
Download berkas