Penulis / NIM
SITI FARIDATUL HASANAH / 151413036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Hasanah, Siti Faridatul 2017. Kemampuan Guru Dalam Mengelola Laboratorium IPA di SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris PanaI, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan guru dalam mengelola laboratorium IPA di SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo? Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola laboratorium IPA. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini, pengumpulan datanya menggunakan hasil dari angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui pembagian angket, observasi langsung dan dokumentasi. Diperoleh indikator dalam penelitian ini. Indikator yang pertama yaitu kemampuan guru pada tahap perencanaan dalam pengelolaan laboratorium IPA dengan kategori baik dalam mengelola laboratorium IPA, pada indikator ke dua kemampuan guru pada tahap pengorganisasian dalam pengelolaan laboratorium IPA dengan kategori guru baik dalam mengelola laboratorium IPA, pada indikator ke tiga kemampuan guru pada tahap pengarahan dengan kategori guru baik dalam mengelola laboratorium IPA dan pada indikator ke empat kemampuan guru pada tahap pengendalian dalam pengelolaan laboratorium IPA dengan kategori baik dalam mengelola laboratorium IPA. Dengan demikian kemampuan guru dalam mengelola laboratorium IPA di SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo termasuk baik dalam mengelola laboratorium IPA.
Kata kunci: Kemampuan, Mengelola, Laboratorium IPA
ABSTRACT
Hasanah, Siti Faridatul. 2017. Teacher's Capability in Managing Science Laboratory at SDN No. 30 Kota Selatan, Gorontalo City. Undergraduate Thesis. Department of Primary School Teacher Education. Faculty of Education. UniversitasNegeriGorontalo. Principal Supervisor: Prof.Dr. Abdul Haris Panal, M.Pd. Co-Supervisor: Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
The problem statement of this research is "how the teacher's capability in managing science laboratory at SDN No. 30 Kota Selatan, Gorontalo City?" Based on the problem, the purpose of this research is to describe such a topic. This quantitative descriptive research employed questionnaires, direct observation and documentation as the data collection instruments. There are four indicators of teacher's capability in managing the science laboratory obtained in this research, including planning, organizing, briefing and controlling stages. The results show no issues regarding the four indicators mentioned. In the variable of planning and organising, the teacher is in good category. This is similar to the variable of briefing and controlling stages. In other words, all indicators achieve the good category of managing science laboratory; this is also indicates that the teacher is able to manage the school's laboratory.Therefore, it is concluded the teacher is able to manage the science laboratory in the site area.
Keywords: Capability, Managing, Science Laboratory
Download berkas