Penulis / NIM
ISRAWATI KENTE / 151413037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
ISRAWATI KENTE. 2017. Pengaruh Penggunaan Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Menjumlah Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SDN 14 Botumoito Kabupaten Boalemo, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan menjumlah bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 14 Botumoto Kabupaten Boalemo. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan teknik sampling jenuh. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa terdiri dari 12 siswa kelas eksperimen dan 12 siswa kelas kontrol. Analisis data proses kedua kelompok mengunkan uji-t diperoleh hasil t-hitung yaitu 3,633 dan t-tabel pada taraf signifikan 5 % sebesar 1,717 maka t-hitung > t-tabel. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered head Together (NHT) terhadap kemampuan menjumlah bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 14 Botumoito Kabupaten Boalemo.
Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, NHT, Kemampuan Menjumlah Bilangan Bulat
Download berkas