Penulis / NIM
NURAIN LIHAWA / 151413038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Lihawa, Nurain 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 3 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed., Dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 3 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA di kelas IV. Penelitian ini dilakukan dengan metode quasi eksperiment dengan rancangan nonequivalent control design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 3 Telaga biru. Diambil dua kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model inkuiri terbimbing dan model kontekstual dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Berdasarkan hasil tes yang diujikan oleh guru terdapat perbedaan antara kelas yang digunakan model inkuiri terbimbing dengan kelas yang menggunakan model kontekstual. Rata-rata nilai perbandingan kemampuan siswa yang mengerjakan soal menggunakan model inkuiri terbimbing yakni (82,50) dan yang menggunakan model kontekstual yakni (75.70). Dari rata-rata perolehan yang diperoleh oleh siswa dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 3 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Ipa
ABSTRACT
Lihawa, Nurain. 2017. The influence of learning Model towards Critical Thinking Ability in Natural Science Learning of Grade IV of SDN 3 Telaga Biru District of Gorontalo. Skripsi, Departement of Elementary School Teachet Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dr. Isnanto, S.Pd., M.Ed. and Co-supervisor is Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd.
Problem statement of this research is whether or not there is influence of learning model towards critical thinking ability in Natural Science learning of Grade IV of SDN 3 Telaga Biru District of Gorontalo. This research aims to investigate the influence of influence of learning model towards critical thinking ability in Natural Science learning in Grade IV. This is a quasi-experimental research with nonequivalent control design.
Research population are all students of Grade IV SDN 3 Telaga Biru while its samples are two classes determined by purposive sampling. Independent variables of this research are guided inquiry anda contextual model while its dependen int variable is critical thinking ability. Research data are collected by using test. Research finding reveals that there is difference between the classes which are taught by guided inquiry model with those with contextual model. Average score of students' ability in answering guestion using guided inquiry model is 82,50 and those with contextual model is 75, 70. Therefore, it cant concluded that there is influence of learning model towards critical thinking ability of students in Natural Science learning in grade IV of SDN 3 Telaga Biru District of Gorontalo.
Keywords: Learning Model, Critical Thinking Ability, Natural Science Learning
Download berkas