Penulis / NIM
SANTY AMRAN / 151413044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Santy Amran 2017. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Tunanetra Menggunakan Kartu Huruf Braille di Kelas 1 SLB Negeri Bone Bolango Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah, apakah melalui penggunaan kartu huruf Braille dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak tunanetra di Kelas 1 SLB Negeri Bone Bolango Kabupaten Bone Bolango? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak tunanetra menggunakan kartu huruf Braille di Kelas 1 SLB Negeri Bone Bolango Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus dengan tehnik pengumpulan data berupa observasi, tes perbuatan, dan dokumentasi.
Pada observasi awal kemampuan anak tunanetra yang mampu mengenal huruf Braille sebesar 20%, siklus 1 sebesar 40% dan pada siklus 2 sebesar 60%. Dapat disimpulkan dengan menggunakan media kartu huruf Braille kemampuan mengenal huruf pada anak tunanetra di Kelas 1 SLB Negeri Bone Bolango Kabupaten Bone Bolango meningkat. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan saran khususnya untuk guru yang menangani anak tunanetra hendaknya menggunakan media pembelajaran berupa kartu huruf Braille dalam kegiatan mengenalkan huruf pada anak tunanetra kategori berat/total.
Kata Kunci : Huruf, Tunanetra, Huruf Braille.
ABSTRACT
Santy Amran, 2017. Increasing the ability of recognizing letter to the Blind Children using Braille Alphabet on 1st year students of SLB (disability school) in Bone Bolango District. Skripsi. Department of Elementary School Teacher, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principle supervisor is Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd., and Co-supervisor is Wiwy T. Pulukadang, S.Pd., M.Pd.
The research problem is whether the using of Braille alphabet cards can increase the recognizing of alphabet on 1st year students of SLB (disability school) in Bone Bolango District. The aim of this problem is to increase the ability of recognizing letter to the Blind Children using Braille Alphabet cards on 1st year student of SLB (disability school) in Bone Bolango District. This is a research action class and consist of two cycles with the collecting the data like observasion, test of deeds, and documentation.
On the pre-observasion the students ability which can recognize Braille about 20%, first cycles about 40% and second cycles about 60%. It can be concluded that by using Braille alphabet cards, the students ability on 1st year students of SLB (disability school) in Bone Bone Bolango District increased. In this research, the researcher suggest that teachers whom handling blind children should use learning media as Braille alphabet cards in giving introduction of alphabet to them in heavy/totally category.
Keywords : Alphabet, Blind Children, Braille.
Download berkas