Penulis / NIM
SARLIN FEBRIAYANTI NUSI / 151413045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Nusi, Sarlin Febriayanti. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) Kelas V SDN 6 Limboto Barat. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Sukirman Rahim M.Si, dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "apakah hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN 6 Limboto Barat dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning)?" penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN 6 Limboto Barat melalui model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning). Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, siswa yang tuntas dalam pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya sebanyak 15 orang (62,5%) dan yang belum tuntas sebanyak 9 orang (37,5%). Hal ini belum sesuai dengan indikator yang ditetapkan yakni 80% sehingga dilanjutkan pada siklus ke II, pada siklus ke II yang tuntas sebanyak 21 orang (87,5%) dan yang belum tuntas sebanyak 3 orang dengan presentase 12,5%. Hasil penelitian pada siklus II ini telah mencapai indikator yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN 6 Limboto Barat hasil belajar siswa meningkat.
Kata Kunci : Hasil Belajar, model pembelajaran berbasis pengalaman
Download berkas