Penulis / NIM
KASMA BADU / 151413049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Badu, Kasma. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Penggunaan Sumber Daya Alam Melalui Desain Pembelajaran Model ASSURE Pada Kelas III SDN 06 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi penggunaan sumber daya alam di kelas III SDN 06 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dapat meningkat dengan menggunakan desain pembelajaran model ASSURE?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi penggunaan sumber daya alam di kelas III SDN 06 Limboto Barat melalui desain pembelajaran model ASSURE. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I yang tuntas dalam pembelajaran IPA materi penggunaan sumber daya alam sebanyak 15 siswa atau 57,69% dan yang belum tuntas sebanyak 11 siswa atau 42,31% hal ini belum sesuai dengan indikator yang ditetapkan yakni minimal 80% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 ke atas sehingga dilanjutkan pada siklus ke II, pada siklus ke II yang tuntas dalam pembelajaran IPA materi penggunaan sumber daya alam sebanyak 22 siswa atau 84,61% dan yang belum tuntas sebanyak 4 siswa atau 15,39% kemudian siswa yang belum mampu tersebut akan diberikan bimbingan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan melalui desain pembelajaran model ASSURE pada siswa kelas III SDN 06 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci :Hasil Belajar, Desain Pembelajaran, Model ASSURE.
Download berkas