Penulis / NIM
NOPIYANTI M. NIYO / 151413050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
NOPIYANTI M. NIYO 2017. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Paragraf Menggunakan media Melalui Tehnik Kalimat Mengalir Kelas V SDN 2 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi. jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Rumusan masalah, Apakah dengan mengunakan teknik kalimat mengalir kemampuan siswa menulis paragraf di kelas V SDN 2 Telaga Biru dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis paragraf menggunakan media melalui teknik kalimat mengalir di kelas V SDN 2 Telaga biru Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus dengan tehnik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi
Berdasarkan observasi awal menunjukan bahwa dari 22 siswa yang mampu menulis paragraf hanya 8 siswa atau 36,37%, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 9 siswa atau 41%, yang mampu menulis paragraf dengan mengunakan media melalui tehnik kalimat mengalir. Pada siklus II meningkat menjadi 17 siswa atau 77.27%, berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui tehnik kalimat mengalir kemampuan siswa menulis paragraf dengan menggunakan media di kelas V SDN 2 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo meningkat
Kata Kunci : Menulis Paragraf Melalui Tenhik Kalimat Mengalir
Download berkas