SKRIPSI

Penulis / NIM
HASNI SALEH / 151413051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK Hasni Saleh. 2017. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menggunakan EYD Dalam Karangan Narasi Melalui Teknik Pemberian Tugas di Kelas IV SDN 7 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah " Apakah teknik pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan siswa menggunakan EYD pada karangan narasi di kelas IV SDN 7 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango?". Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa menggunakan EYD dalam karangan narasi melalui teknik pemberian tugas di Kelas IV SDN 7 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil observasi awal menunjukkan bahwa dari 31 orang siswa hanya 11 orang (35,5%) yang mampu dan 20 orang (64,52 %) yang belum mampu menggunakan EYD dalam karangan narasi. Pada siklus I hal tersebut mengalami peningkatan menjadi 17 orang (54,8%) yang mampu dan 14 orang (45,2 %) belum mampu menggunakan EYD dalam karangan narasi. Pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu menjadi 26 orang (83,9%) yang mampu dan 5 orang (16,1 %) belum mampu menggunakan EYD dalam karangan narasi. Terkait hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menggunakan EYD dalam karangan narasi melalui teknik pemberian tugas pada siswa kelas IV SDN 7 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango meningkat. Kata Kunci : EYD, Karangan narasi, Teknik Pemberian tugas ABSTRACT Hasni Saleh. 2017. Improving Students' Ability Using Enhanced Indonesian Spelling System in Narrative Text through Giving Assignment Technique in Class IV of SDN 7 Tilongkabila, District of Bone Bolango. Skripsi. Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd and Co-supervisor is Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd.,M.Pd. Problem statement of this research is "can giving assignment technique increase students' ability using Enhanced Spelling System, henceforth called by Enhanced Indonesian Spelling System, in narrative text in class IV of SDN 7 of Tilongkabila, District of Bone Bolango?". This research aims to improve students' ability using Enhanced Indonesian Spelling System in narrative text in Class IV SDN 7 of Tilongkabila, District of Bone Bolango. This is a classroom action research in which its data are collected through test, observation and documentation. Based on Preliminary observation, only 11 students out of 31 (35,5%) who are able and 20 students (64,52 %) are not able using Enhanced Indonesian Spelling System in narrative text. Then, it increases to be 17 students (54,8 %) who are able and 14 students (45,2 %) who are not in cycle I. Afterwards, it increase significantly to be 26 students (83,9 %) who are able and 5 students (16,1 %) who are not. Therefore, it can be concluded that students' ability in using Enhanced Indonesian Spelling System in narrative through giving assignment technique in students of class IV of SDN 7 Tilongkabila, District of Bone Bolango increases. Keywords: EYD, Narrative Story, Technique of Giving Assignment
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011