Penulis / NIM
SELVI BIKI / 151413052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
SELVI BIKI. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Drama diKelas V SDN 11 Limboto Kelurahan Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Apakah dengan Melalui Drama Dapat Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa di kelas V SDN 11 Limboto Kelurahan Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui drama dikelas V SDN 11 Limboto Kelurahan Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas untuk memperoleh data kemampuan berbicara siswa melalui drama
Hasil observasi awal menunjukan dari 20 siswa yang mampu berbicara hanya 9 siswa atau 47%, dan kurang mampu 7 siswa atau 35%, dan tidak mampu 4 siswa atau 20% Pada siklus I, meningkat 12 siswa atau 60% yang mampu, dan kurang mampu 5 siswa atau 25%, dan tidak mampu 3 atau 15%. Pada siklus II meningkat 18 siswa atau 90% yang mampu, sedangkan yang kurang mampu 1 siswa atau 5%, dan yang tidak mampu 1 siswa atau 5%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, disimpulkan bahwa dengan melalui drama kemampuan berbicara siswa dikelas V SDN 11 Limboto Kelurahan Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo Meningkat.
Kata Kunci : Berbicara, Drama
ABSTRACT
SELVI BIKI. 2017. Improving Speaking Adility of Students thraough drama at grade V in SDN 11 LIMBOTO, Hepuhulawa Village, sub-distict of Limboto, district of Gorontalo. Skripsi, departement of elementary school teacher education, facultyi of education, state University of Gorontalo. Principal supervisor is Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd and Co-supervisor is Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Problem statement of this research is whather or not thraough drama, students' speaking ability at grade V in SDN 11 LIMBOTO Hepuhulawa Village, sub-district of Limboto, district of Gorontalo can be improved. It aims at improving speaking ability of students thraough drama at grade V in SDN 11 LIMBOTO, Hepuhulawa village, sub-district of Limboto, district of Gorontalo. It applies class room action researct. Tecniques of data collection are obsevation, test, and documentation.
Findings reveal that, in initial obsevation, out of 20 students, 9 students or 47% are categorized as able, 7 students or 35% are less able, and 4 students or 20% are not able. In cycle I, 12 students or 60% are categorized as able, 5 student or 25% are less able, and 3 studenst or 15% are not able. Then, in cycle IIar, 18 students or 90% are able, 1 students or 5% are less able, and 1 students or 5% are not able. Based on the Limboto, Hepuhulawa village, sub-district of Limboto, district of Gorontalo, can be improved thraough drama.
Keywords : Speaking, Drama
Download berkas