Penulis / NIM
RONALIN SAIPI / 151413057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
RONALIN SAIPI. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Time Token pada pembelajarn IPS dikelas V SDN 5 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hakop Walangadi, S.Pd,M.Si dan pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd,M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model Time Token pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 5 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi dan analisis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "apakah menggunakan model Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 5 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo?". Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 5 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 19 siswa dengan tahapan penelitian yakni pernecanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, analisis dan refleksi. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada proses pembelajaran IPS dengan menggunakan model Time Token . Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari 19 siswa terdapat 10 siswa yang belum tuntas atau 53% dan yang tuntas 9 siswa atau 47%, pada siklus II meningkat dari 19 siswa terdapat 16 siswa atau 84% yang tuntas dan tidak tuntas 3 siswa atau 16%.
3
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model Time Token pada pembelajaran IPS khususnya pada materi proklamasi pada siklus I dan II di kelas V SDN 5 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo dapat meningkatkan hasil belajar. Kata kunci: Hasil belajar, Time Token
ABSTRACT
RONALIN SAIPI. 2017. Increasing Student Results Using Time Token Model on IPS learning in class V SDN 5 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Thesis, Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Advisor I Dra.Hakop Walangadi, S. Pd, M. Si and mentor II Muhammad Sarlin, S. Pd, M.Pd
This study aims to improve student learning outcomes using Time Token model on IPS learning in grade V SDN 5 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. The method used is classroom action research consisting of 4 stages namely, preparation stage, action implementation, monitoring and evaluation, reflection and analysis. The problem in this research is "whether using Time Token model can improve student learning outcomes in IPS learning in class V SDN 5 Dungaliyo Gorontalo Regency?". The subjects of this study are the students of grade 5 SDN 5 Dungaliyo Gorontalo Regency which amounted to 19 students with research stages namely pernecanaan, implementation of action, evaluation, analysis and reflection. Objects in this study is the result of student learning on the learning process of IPS by using Time Token model. Based on the research results showed that in the first cycle of 19 students there are 10 students who have not completed or 53% and a complete 9 students or 47%, on the second cycle increased from 19 students there are 16 students or 84% complete and not complete 3 students or 16%.
This research concludes that the application of Time Token model on IPS learning especially in the material of proclamation in cycle I and II in class V SDN 5 Dungaliyo Gorontalo Regency can improve learning outcomes.
Keywords: Learning outcomes, Time Token
Download berkas