Penulis / NIM
SUMIYATI G. TAMRIN / 151413058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Abstrak
ABSTRAK
Sumiyati G. Tamrin. 2017. NIM 151 413 058 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Think Pair Share Pada Pembelajaran IPS Di Kelas V SDN 11 Limboto Kelurahan Hepuhulawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. SI-PGSD FIP UNG. Pembimbing I : Dra. Hakop Walangadi, M.Si Pembimbing II : Basri Amin, S.Sos, M.A.,Phd (ABD).
Rumusan masalah dalam penelitian ini "Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif model TPS ( Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 11 Limboto? Tujuan peneliti adalah "untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V melalui pembelajaran model TPS (Think Pair Share).
Penelitian tindakan dilaksanakan di kelas V SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 20 orang dengan tahapan penelitian yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model Think Pair Share. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada observasi awal hanya mencapai 40% dari 20 orang siswa yang memiliki ketuntasan pada mata pelajaran IPS. Siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 55% yaitu 11 siswa yang memiliki ketuntasan dan 9 orang belum mencapai ketuntasan. Siklus II sebanyak 90% yaitu 18 orang siswa yang telah mencapai ketuntasan dan 10% atau 2 orang siswa belum mencapai ketuntasan terhadap pembelajaran IPS. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dalam pembelajaran IPS tentang Perjuangan mempertahankan kemerdekaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas V SDN 11 Limboto Kelurahan Hepuhulawa Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil belajar IPS, pembelajaran Model Think Pair Share
Download berkas