Penulis / NIM
PUTRI OKTAVIANI HASAN / 151413063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
PUTRI OKTAVIANI HASAN. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Pada Pembelajaran IPS Kelas IV Di SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hakop Walangadi, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Pada Pembelajaran IPS kelas IV SDN 11 Limboto. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, studi dokumen, dan tes hasil belajar yang dalam bentuk soal objektif dan essay. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "apakah melalui model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas IV Di SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo? Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 30 orang siswa dengan tahapan penelitian yakni perencenaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada proses pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I, dari 30 orang siswa yang memperoleh ketuntasan hasil belajar berjumlah 15 orang siswa dengan presentase 50%, sementara 15 orang siswa belum mencapai nilai rata-rata dengan presentase 50% dan pada siklus II dari 30 orang siswa yang memperoleh ketuntasan hasil belajar ada 27 orang siswa dengan presentase 90% sementara 3 orang siswa belum mencapai nilai rata-rata dengan presentase 10%.
Penelitian menyimpulkan bahwa, penerapan model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay pada pembelajaran IPS khususnya pada materi siklus I Dunia Teknologi dan siklus II Permasalahan Sosial di kelas IV SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Cooperative Learning Tipe Course Review Horay, IPS.
Download berkas